]]>

Senin, 09 April 2012

RPP spldv-problem solving

baiklah para browser, hrini gwe postingin RPP untuk materi SPL-DV, bgi anda-anda yang menjadi pengajar penting tuh RPP biar acara pembelajarannya makin terorganisir n sistematis.....(cieeeehhh kyak orang itelek aja gwe.) ;).....langsung ja ni RPP nya



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
            Satuan Pendidikan      : SMA / MAN/MA
            Mata pelajaran             : Matematika
            Kelas / Semester          : X / 1 (Satu)
            Materi                          : SPL-DV       




A.      Standar Kompetensi
Memahami Sistem persamaan linier dua variabel serta penggunaannya dalam problem solving.

B.       Kompetensi Dasar
o   Melakukan operasi SPL-DV.
o   Memecahkan masalah dengan mengunakan model SPL-DV .

C.      Indikator
v Menjelaskan penyelesaian soal masalah yang model matematikanya SPL-DV.
v Menggunakan SPL-DV untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengannya.
v Mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menyelesaikan  soal-soal dan manipulasi masalah yang berhubungan dengan  sistem persamaan linear dua variable.

D.      Tujuan Pembelajaran
Stelah mempelajari materi SPL-DV ini, diharapkan  siswa dapat :
*     Memberikan tafsiran tentag sistem persamaan linier dua variabel.
*     Mengerjakan soal-soal cerita yang penyelesaiannya menggunakanSPL-DV.
*     Membuat contoh permasalahanyang penyelesaiannya bisa dengan menggunakan model SPL-DV.
E.       Materi Pembelajaran
Sistem Persamaan Linier Dua variabel.

F.       Alokasi Waktu
   2  × 45 menit (1 pertemuan)

G.      Strategi Pembelajaran
         Pendekatan  : Konstruktivisme
Model           : Pembelajaran Pemecahan Masalah (problem solving)
Metode         : Review,  Penanaman dan pengembangan konsep,informasi,pemecahan masalah, refleksi, penugasan.



H.      Sekenario Pembelajaran
WAKTU
KEGIATAN PEMBELAJARAN
METODE
LANGKAH2 PEMBELAJARAN
GURU
SISWA
PENDAHULUAN / KEGIATAN AWAL
3 menit
ü Memulai pembelajaran degan salam dan do’a.
ü Menjawab salam dan berdo’a.
Review

üPresensi.
ü Menjawab dan mengangkat tangan.
10 menit
üMemberikan apersepsi tetang SPL-DV
üAktif mereviw materi SPL-DV serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru









Orientasi
üMemberikan motivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran dan model pembelajaran yang akan diterapkan.
üAktif mendengarkan dan memperhatikan.

KEGIATAN INTI
20 menit
üMenyampaikan  materi dan memberikan gambaran  mengenai materi SPL-DV
üAktif mencatat materi yang disampaikan dan bertanya.

Penyampaian
memahami masalah
3 menit
üGuru membentuk 5 kelompok, dan meminta perwakilan masing –masing kelopok untuk mengambil kertas soal yang telah di sediakan.
üMembentuk kelompok
Dan perwakilan kelompok mengambil soal.
Informasi


40 menit
üGuru meminta tiap kelompok untuk mengerjakan dan mendiskusikankan soal yang telah diambil untuk kemudian dipressentasikan / menjelaskan sistematika jawaban di depan kelas.
üGuru mengawasi dan menilai (penilaian kerja kelompok).
üMemeriksa prosedur yang telah digunakan siswa dalam menyelesaikan soal.
ü Mengerjakan dan mendiskusikan  soal dengan kelompoknya masing-masing dan saat presentasi, kelompok lain memberi tanggapan ataupun pertanyaan.
Pemecahan masalah dan Refleksi
merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan dan  memeriksa kembali prosedur dan langkah penyelesain
6 menit
üMemberikan apresiasi dan tangapan pada masing-masing kelompok.
üMemperhatikan apresiasi dan tanggapan dari apa yang guru berikan.
KEGIATAN AKHIR / PENUTUP
2 menit
üMemberikan soal-soal untuk tugas rumah
üSiswa menerima soal dan mengerjakannya di rumah


1 menit
üMemimpin do’a sebelum pulang dan salam penutup.
üIkut ber do’a bersama dan menjawab salam.



I.         Media, Alat, dan Sumber Belajar
Ø  Alat :
-    LKS
-    Buku penunjang / paket
-    Papan tulis dan spidol / kapur tulis
Ø   Sumber :   
-  Buku paket, Matematika untuk SMA/MAN kelas X
-  Buku referensi lain yang relevan.

J.        Penilaian Hasil Belajar
  Teknik                            :Team work (kerja kelompok), penilaian individu, dan tugas rumah.
  Bentuk Instrumen  : Soal cerita / penalaran dan menilai partisipasi aktif siswa saat menjalankan tugas ; kognitif, afektif, psikomotorik (nontes) .

















                                                                                  Malang, 10 januari 2011        
                                                                                              Mengetahui,
Guru mata pelajaran                                                              Kepala Sekolah,






(.................... ...)                                                       ( .................................)
NIP....................                                                         NIP..........................











           
INSTRUMEN PENILAIAN








A.   Instrumen Penilaian Kerja kelompok
NO
Komponen
Skore
60 s/d 69
70 s/d 89
80 s/d 89
90 s/d 100
1
Keaktifan




2
Kerjasama




3
Hasil penyelesaian




Jumlah Skore
1+2+3
Nilai Akhir

B.   Rubrik Penilaian Kerja kelompok
SKOR
INDIKATOR
KETERANGAN
90 s/d100
ü  Jawaban yang diperoleh benar. 
ü  Penjelasan jelas dan lengkap. 
ü  Perhitungan matematis dilakukan dengan benar. 
Sangat baik
80 s/d 89
ü  Jawaban salah karena sedikit kesalahan   perhitungan. 
ü  Penjelasan kurang jelas. 
ü  Penjelasan kurang lengkap.
Baik
70 s/d 79
ü  Jawaban tidak benar, namun disebabkan            kesalahan
analisis (bukan kesalahan perhitungan).
ü  Penjelasan tidak jelas atau membingungkan. 
ü  Ada kesalahan penerapan strategi penyelesaian.
Cukup
60 s/d 69
ü  Jawaban tidak benar.
ü  Penjelasan dengan alasan yang tidak benar.
ü  Strategi yang diterapkan tidak benar atau  membingungkan.
Kurang



C.   Instrumen Penilaian Tugas Individu
NO
Komponen
Skore
1
Preses pengerjaan
1 s/d 5
2
Hasil Akhir
1 s/d 5
Jumlah Skore
1+2= Nilai
Niliai Akhir
Jumlah Skore X 100= Nilai Akhir

D.   Rubrik Penilaian Tugas Individu

Aspek penilaian
Skor

Keterangan
Proses
Hasil penghitungan
Runtut, rapi
Benar
A
Baik
Tidak runtut, rapi
Benar
B
Cukup
tidak rapi dan tidak runtut
Salah
C
Kurang











































SOAL-SOAL TUGAS RUMAH
Pokok Bahasan         : Sistem Persamaan linier
Sub Pokok Bahasan  :
Sistem ersaman linier dua variabel













Nama      :
Kelas       :

v Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan benar dan dengan tepat!

1.      Tentukan HP sistem persamaan linier berikut ini:
a)      2y – x = - 2 dan x + y = 7
b)      0,5 x – 0,6y = 1 dan 1,5x – 0,8y =22
2.      Beni saangat ingin membeli segelas jusdan sepotong kue dari sebuat toko makanan, tetapi ia khawatir uangnya Rp. 7.000,00 tidak mencukupi. Karna toko itu tidak mencantumkan harga-harga makanan, smentara beni merasa segan untuk bertanya langsug pada pemilik toko. Lalu ia mulai mengamati orang-orang yang membeli kue dan jus yang ia inginkan. Ia memperhatikan seseorag membayar rp. 18.000,00 untuk 2 potong kue dan 3 gelas jus, dan seseorang yang lain membayar Rp. 16.000,00 untuk 4 potong kue dan 1 gelas jus. Lalu berapakah uang yang di butuhkan Beni untuk membeli 1 potong kue dan segelas jus?
3.      Di suatu toko harga  kg kopi dan 2 kg gula  adalah Rp. 21.000,00, sedangkan harga   kg kopi dan 3 kg gula adalah Rp.19.500,00. Tentukan masing-masing harga 1 kg kopi dan 1 kg gula?
4.      Dua mesin memproduksi barang yang sama. Mesin A dapat memproduksi 100 unit barang per jam, sedangkan mesin B dapat memproduksi 150 unit barang per jam. Dalam 1 hari kedua meisin itu harus dapat memproduksi 2.600 unit barang . jumlah jam kerja dalam 1 hari untuk kedua mesin itu sdalah 20 jam. Berapa jam mesin A harus bekerja setiap harinya?
5.      Lima tahun lalu, 3 kali umur Luqman samadengan 2 kali umur Atok, tiga tahun yang akan datang , 2 kali umur Luqman samadengan umur Atok ditambah 11 tahun. Berapakah umur Luqman dan Atok sekarang?
6.      Buatlah 1 contoh soal dan jawabannya, yang penyelesaiannya bisa dengan menggunakan model SPL-DV.


Selamat Mengerjakan
Good Luck !!













LEMBAR KERJA SISWA BERKELOMPOK
Kelompok            :
Nama Anggota    :
1.     ...
2.     ...
3.     ...
4.     ...
5.     ...




















Pokok Bahasan                   : sistem persamaan linier dua variabel
Sub Pokok Bahasan           : SPL-DV        
Petunjuk Kegiatan                :
1.      Kerjakanlah soal dengan tepat dan benar!
2.      Cantumkan pembahasan yang sistematis dari penyelesaian soal!
Soal
1.      Dari dua toko serba ada yang masih termasuk dalam satu perusahaan diperoleh data penjualan daging dan ikan dalam satu minggu seperti tercantum pada tabel berikut.

Daging (kg)
Ikan (kg)
Harga penjualan total (dalam ribuan rupiah)
Toko A
80
20
2960
Toko B
70
40
3040
Maka harga ikan /kg pada kedua toko tersebut adalah ..
Jawaban:.......................................
           











LEMBAR KERJA SISWA BERKELOMPOK
Kelompok            :
Nama Anggota    :
1...
2...
3...
4...
5...





















Pokok Bahasan                   : sistem persamaan linier dua variabel
Sub Pokok Bahasan           : SPL-DV        
Petunjuk Kegiatan                :
1.      Kerjakanlah soal dengan tepat dan benar!
2.      Cantumkan pembahasan yang sistematis dari penyelesaian soal!
Soal
2.Jika pembilang dari suatu pecahan ditambah 2 dan pe-nyebutnya ditambah 1 akan diperoleh hasil bagi sama dengan . Jika pembilang ditambah 1 dan penyebut di-kurangi 2, diperoleh hasil bagi sama dengan . Pecahan yang dimaksud adalah …
Jawaban: .......................................

























LEMBAR KERJA SISWA BERKELOMPOK
Kelompok            :
Nama Anggota    :
1...
2...
3...
4...
5...





















Pokok Bahasan                   : sistem persamaan linier dua variabel
Sub Pokok Bahasan           : SPL-DV        
Petunjuk Kegiatan                :
1.      Kerjakanlah soal dengan tepat dan benar!
2.      Cantumkan pembahasan yang sistematis dari penyelesaian soal!
Soal
3.      Seorang pengusaha mempunyai 9 ruangan gudang. Menurut besarnya ada dua macam gudang, yaitu yang mempunyai daya tampung 15 m3 dan 9 m3. Kalau diketahui bahwa daya tampung seluruhnya 105 m3, tentukan banyak gudang yang mempunyai daya tampung 15 m3.
Jawaban: .......................................
























LEMBAR KERJA SISWA BERKELOMPOK
Kelompok            :
Nama Anggota    :
1...
2...
3...
4...
5...





















Pokok Bahasan                   : sistem persamaan linier dua variabel
Sub Pokok Bahasan           : SPL-DV        
Petunjuk Kegiatan                :
1.      Kerjakanlah soal dengan tepat dan benar!
2.      Cantumkan pembahasan yang sistematis dari penyelesaian soal!
Soal
4.      Harga tiket pertandingan sepak bola adalah y rupiah, untuk anak-anak usia kurang dari samadengan 12 tahun. Dan x rupiah untuk dewasa diatas 15 tahun. Pada suatu pertandingan, Pak Ronaldo dan kedua temannya yang membawa anak yang berusia 10 tahun untuk melihat pertandinagn AREMA vs PERSIJA dan membayar Rp. 150.000,00.
Pada pertandingan lain Pak Ronaldo mengajak kedua istrinya dan ayahnya dengan membawa 2 orang anaknya yang berumur 5 tahun dan membayar Rp. 250.000,00.
Berapakah harga tiket untuk usia 45 tahun dan 2 orang anak usia 11 dan 6 tahun ?..
Jawaban: .......................................





















LEMBAR KERJA SISWA BERKELOMPOK
Kelompok            :
Nama Anggota    :
1...
2...
3...
4...
5...




















Pokok Bahasan                   : sistem persamaan linier dua variabel
Sub Pokok Bahasan           : SPL-DV        
Petunjuk Kegiatan                :
1.      Kerjakanlah soal dengan tepat dan benar!
2.      Cantumkan pembahasan yang sistematis dari penyelesaian soal!
Soal
5.      5 tahun yang lalu, tiga kali umur Cahyo sama dengan dua kali umur Choiri. Tiga tahun yang akan datang , dua kali umur Cahyo sama dengan umur Choiri ditambah sebelas.berapakah umur  Cahyo lima tahun yang akan datang dan umur Choiri enam tahun yg lalu?..

Jawaban: .......................................



























           
BAHAN MATERI  SPL-DV











A.    Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
1.      Bentuk umum  untuk
2.      Penyelesaian SPLDV dapat menggunakan metode :
a)      Grafik
b)      Subtitusi
Contoh:
Tentukan penyelesaian sistem persamaan linier berikut
      2x + y = 5    . . . . . . .  ( i )
      x + 3y = 10  . . . . . . .  ( ii )
Penyelesaian :
2x + y = 5   Û  y = 5 – 2x  substitusi ke persamaan  ( ii )
Diperoleh x + 3y = 10  Û x + 3 ( 5 – 2x ) = 10
Û x + 15 – 6x = 10
Û – 5x = – 5 Û x = 1
substitusi x = 1 ke persamaan ( i )
diperoleh  2x + y = 5 Û 2 + y = 5 Û y = 3
Jadi penyelesaiannya adalah  ( 1 , 3
c)      Eliminasi
Contoh:
Tentukan penyelesaian sistem persamaan linier berikut
      2x + y = 10    . . . . . . .  ( i )
      x + 3y = 15  . . . . . . .  ( ii )
     
Penyelesaian :
      Samakan koefisien salah satu variabelnya
      2x + y = 10| x 1| 2x  +   y   = 10         2x + y = 10| x 3 |   6x  +  3y  =  30
      x + 3y = 15| x 2| 2x  +  6y  =  30       x + 3y = 15| x 1 |      x  +  3y  =  15
                       -------------  –                                     ------------- –
                 –  5y  = – 20                              5x            =  15
                                                  y  =  4                  x  =  3
     Jadi penyelesaiannya adalah  ( 3 , 4 )

d)     Detrminan
Penjelasan:
      Dari persamaan bentuk umum (no 1) dapat ditulis


                       

                                   

                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar